Selasa, 31 Juli 2012

MARS

      Mars dalah planet nomor empat sesudah Bumi. Garis tengahnya 6.787 km dan mengitari Matahari setiap 687 hari. Mars berputar pada porosnya lebih dari 24 jam. Besarnya setengah dari Bumi.Mars sering disebut planet merah, sebab atmosfirnya dipenuhi debu. Di Mars ada gunung yang tingginya 24 km namanya Olympus Mons dan lebar gunung itu 500 km. Gunung ini konon paling tinggi dalam jagad Tata surya. Sedangkan Mount Everest yang paling tinggi di Bumi hanya 8.880 m atau 8.88 km.Di mars juga terdapat jurang yang panjangnya 4000 km lebarnya 120 km dan dalamnya 6.000 m atau 6 km. Udara disana sangat tipis dan tidak mencukupi untuk bernafas. Suhu permukaannya selalu menunjukkan titik beku atau sangat dingin.
      Pada tahun 1976 pesawat angkasa viking mendarat di permukaan Mars. Semula orang menduga bahwa di sana terdapat mahluk hidup, tetapi setelah diselidiki ternyata permukaan tanah di sana banyak batu-batuan dan tanahnya berwarna merah. Di sana tidak ditemukan satu jenis tumbuhan pun. Berati di sana tidak cocok untuk hidup.
       Mars juga mempunyai bulan, namanya Phobos dan Deimos. Bentuknya seperti kentang dari batu karang dan besarnya kira-kira 22 km dan 12 km.sumber : Mengintip Rahasia Alam Semesta karangan  H.Sugianto, Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar