Selasa, 31 Juli 2012

VENUS

        Venus adalah planet nomor dua. Jaraknya dari Matahari 108,2 juta kilometer. Keadaan venus selalu ditutupi atau diselimuti awan tebal abadi. Tebal awan di venus sampai 46 km. Sedangkan di Bumi awan yang paling tebal ada 16 km dan jarang terjadi. Awan di Venus yang setebal  itu memantulkan cahaya matahari. Sehingga planet itu nampak cermelang dari Bumi. Terutama di waktu pagi dan sore. Banyak orang menamakannya sebagai 'Bintang Kejora' atau 'Bintang Timur'.
        Venus mempunyai  garis tengah 12.000 km,hampir sama dengan bumi. Venus juga mempunyai atmosfir, tetapi sayangnya keadaan udara di sana tidak cocok untuk bernafas.Sebab di sana gas asam arang terlalu tebal.  Suhu disana seperti tungku api yang panasnya 475 C untuk waktu siang dan malam. Sebab itulah planet venus dinyatakan tidak tidak layak dikunjungi para astronot. Badan orang akan menjadi hancur. Di sana tidak ada air. Cahaya Matahari hampir tidak pernah menyinari permukaannya,bayangkan.
       Diplanet Venus, Matahari terbit dari barat dan terbenam disebelah timur.Venus berputar pada porosnya sangat lamban, yaitu memerlukan waktu 243 hari. Venus mengitari Matahari selama 225 hari.sumber : Mengintip rahasia alam semesta karangan H.Sugianto, Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar