Selasa, 31 Juli 2012

JUPITER

         Jupiter  adalah planet nomor lima. Planet ini adalah planet yang paling besar dari Tatasurya. Planet ini bergaris tengah 142.800 km. Ini berati 11 kali garis garis tengah Bumi. Beratnya 2  1/2 kali tujuh planet lainnya dijadikan satu. Planet ini penuh dengan gas hidrogen dan helium. Jupiter sering dijuluki sebagai 'bintang suram' tak bercahaya. Di sana hampir tidah terdapat benda padat. Semua benda di sana mengandung air. Jupiter  mengitari Matahari lamanya 11,9 tahun. Jarak dari Matahari sampai Jupiter ada 778 juta kilometer. Sedangkan jarak Bumi dengan Matahari 1,5 juta km
         Planet Jupiter mempunyai 16 bulan , diantaranya bulan yang terbesar namanya Ganymeda dan Gallisto. Keduanya lebih besar daripada planet Merkurius. Ada satu lagi namanya Io yang konon mempunyai gunung berapi.
         Jupiter mempunyai hari yang paling pendek. Satu hari di sana hanya 10 jam. Jadi lebih pendek daripada hari di Bumi. Di sana pun tidak terdapat tanda-tanda kehidupan. sumber : Mengintip Rahasia Alam Semesta karangan H.Sugianto, Facebook.
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar