Sabtu, 05 Mei 2012

IGUANA

            Iguana ialah sejenis kadal yang hidup didaerah tropis diAmerika tengah,Amerika selatan dan karibia.Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini yaitu iguana hijau dan  iguana antilles kecil.Iguana adalah kadal besar yang hidupnya hampir selalu dipuncak pohon. Bila terganggu, iguana dapat melompat dari dahan setinggi 15 meter dan mendarat tanpa cedera.
             Kedua spisies kadal tersebut memiliki lipatan kulit dibawah rahang, sekumpulan kulit yang mengeras yang berderet dipunggungnya hingga ekor dan 'mata ketiga'  dikepalanya.Mata ini disebut sebagai 'mata pariental', yang mirip seperti tonggak diatas kepalanya. Dibelakang leher ada sisik kecil yang menyerupai paku panjang dan disebut'tuberculate scale'. iguana juga memiliki sisik bundar dipipinya yang disebut sebagai selubung Subtimpani.
              Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat bentuk bayangan, warna dan gerakan pada jarak jauh.Iguana menggunakan matanya untuk mengarahkan mengarungi hutan lebat, untuk mencari makanan .Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan spesies yang sama.
              Mereka merespon rangsangan visual berupa warna seperti jingga, kuning, merah muda dan biru yang terdapat pada substansi makanan mereka
              Telinga iguana disebut timpanum,yang merupakan gendang telinga iguana dan terdapat dikanan selubung subtimpani dan dibelakang mata, ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut dan amat penting untuk pendengarannya.
               Iguana sering kali sulit untuk diketahui keberadaannya karena kemampuan mereka untuk menyatu dengan lingkungan.Warna hijau alaminya sangat membantu dalam menyembunyikan diri dari predator.sumber: wikipedia , facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar