Senin, 26 Desember 2011

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

Sebagaimana Firman Allah:''Sembahlah Allah dan janganlah kamu  mempersekutukan -Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang  ibu bapak."(QS.An-Nisa:36).
       "Barangsiapa membuat hati kedua orang tuanya ridha,maka sesungguhnya ia telah membuat Allah ridha kepadanya.Barang siapa membuat hati orang tuanya murka , maka ia berarti membuat Allah murka kepadanya." (HR.Bukhari).
         Sahabat Ibnu Umar ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda:" Berbaktilah kepada orangtuamu,niscaya kelak  anak-anakmu akan berbakti kepadamu.Dan peliharalah kehormatan dirimu,niscaya istri-istrimu akan selalu memelihara kehormatannya."(HR.Thabrani dengan sanad hasan).
         Sahabat Abdillah bin Mas'ud ra berkata:Aku pernah bertanya kepada Rasulullah:"Ya Rasulullah,manakah amal yang paling disukai  Allah?"   Jawab Rasulullah:"Shalat tepat pada waktunya."  Kemudian aku bertanya lagi:"Lalu apa lagi,yaRasulullah?"  Jawab Rasulullah:"Berbakti kepada orangtua." "Aku bertanya lagi:"Kemudian apa lagi?"  Jawab Rasulullah:"Berjihad dijalan Allah."(HR.Bukhari dan Muslim).
          Sahabat Tsauban ra berkata,bahwa Nabi saw telah bersabda:"Ada tiga perkara yang menyebabkan amal seseorang tidak akan diterima di sisi Allah,Yakni menyekutukan Allah, berani kepada kedua orang tua dan melarikan diri dari barisan perang."(HR.Tabrani).sumber:Buku pintar para dai karya Muhammad Ahmad Al-Adawi.
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar